IMG-LOGO
Kegiatan Desa

KOLABORASI KKN SYUBBANUL WATHON DAN PERPUSTAKAAN MUDA BAKTI DALAM LITERASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL

Create By 20 August 2021 15135 Views
IMG

LITERASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL PERPUSTAKAN MUDA BAKTI


NGABLAK, 2021 - KKN STAIA Syubbanul Wathon Meteseh, Tempuran, Magelang. menggelar acara pelatihan pembuatan anyaman keranjang dari bahan rotan dan pelepah pisang melalui arahan dari Bapak Amri Subkhantoro selaku Kepala Desa Ngablak dan Bapak Ridwan selaku sekertaris desa, Kecamatan Srumbung. Acara ini digelar di Perpustakaan Muda Bakti dari tanggal 19-20 agustus 2021, sebagai bentuk inklusi sosial adanya perpustakaan tersebut. Acara tersebut juga menghadirkan mentor dari home industry yang berasal dari Wates, Kulonprogo, yaitu Bapak Nurrohman.

Pelatiahan ini diharapkan berkelanjutan, tidak hanya berhenti pada dua hari itu saja, maka dari itu peserta yang berhasil dalam pelatihan ini kemudian bekerja sama dengan pihak ketiga (home industry). Wujud kerja sama yaitu peserta pelatihan membuat anyaman dan memperoleh upah, sedang bahan baku dan alat anyam berasal dari home industry tersebut.

Acara pelatihan tersebut dihadiri oleh tujuh peserta yang sebagian besar berasal dari dusun Purwosari, sebagai bentuk pemberdayaan warga sekitar dimana perpustakaan berada. dari tujuh peserta diharapkan agar menjadi embrio untuk kemudian dapat menularkan ilmunya/keahliannya kepada masyarakat Desa Ngablak lainnya, sehingga kesejahteraan masyarakat desa ngablak meningkat.

 Dangan digelarnya acara ini, Bapak Amri Suhantoro berharap agar warga tetap produktif. Dari KKN berharap adanya pelatihan ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan ekonomi (kesejahteraan) masyarakat Desa Ngablak. ( KKN SW Tempuran, 20 Agustus 2021)