IMG-LOGO
Pokja I

HARI SANTRI NASIONAL

Create By Sudirman 22 October 2022 Views
IMG

Pada hari sabtu 22 oktober 2022 Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan srumbung Kabupaten Magelang telah melaksanakan Apel Hari Santri Nasional yang di selenggarakan di Lapangan Desa Ngablak Kec. Srumbung, sebagai komendan Apel Saudara Irfandi selaku Anggota Provos Banser kab. Magelang dan Inspektur upacara H.Muslih Mpd. selaku ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. srumbung yang diikuti peserta Apel dari Para Ulama, badan Otonom NU ( Muslimat, Fatayat, GP Ansor, Banser IPNU IPPNU JQH ), Siswa siswi   Ma'arif Kec. Srumbung ,  Pondok pesantre Kec. Srumbung dan Perangkat Desa Ngablak

Sambutan Pengurus Cabang NU Kab. Magelang pada Apel Hari Santri yang dibacakan oleh ketua tanfidiyah NU Kec. Srumbung diantaranya :

fatwa Resulusi Jihat NU : Berperang menolak dan melawan penjajah itoe fardloe 'ain ( yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang islam, laki-laki perempuan anak-anak, bersenjata atau tidak )bagi yang berada jarak lingkungan 94 km dari tempat masoek dan kedoedoekan moesoeh bagi orang-orang yang berada diloear djarak lingkaran tadi, kewajiban itoe djadi fardloekifayah

Momentum hari santri hari ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit Nasionalisme bagian daripada iman perlu terus digelorakan ditengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan Nasionalisme. 

Islam dan Agama tidak bisa dilaksanakan tanpa tanah air. Hari Santri juga harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral kesederhanaan, asketisme dan spiritualisme yang melekat sebagai karakter kaum santri. 

Santri harus siap mengemban amanah yaitu amanah kalimatul haq. 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Pokja I

Artikel Lainya